Materi Tentang Pengertian Evolusi

Materi Tentang Pengertian EvolusiEvolusi adalah Perubahan secara bertahap dalam waktu yang lama akibat seleksi alam pada variasi gen dalam suatu individu atau spesies yang menghasilkan perkembangan spesies baru. Proses satu arah dalam waktu yang tidak dapat di balikkan, yang selama jalan yaitu menghasilkan sesuatu yang baru, keanekaragaman dan taraf organisasi yang lebih tinggi.


Macam-macam Evolusi
1.   Evolusi abiologis : perubahan benda-benda tak hidup (abiotik) secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama dari persenyawaan sederhana menuju kepersenyawaan yang kompleks. 
2.   Evolusi biologis : perubahan makhluk hidup secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama dari organisme tingkat rendah ke organisme tingkat tinggi.
3.   Mikroevolusi : perubahan secara bertahap yang terjadi pada frekuensi gen yang dapat menimbulkan perubahan fenotif organisme.
4.   Makroevolusi : evolusi yang menimbulkan skala besar meliputi asal-usul organisme baru, arah evolusi,jenis organisme yang menempati habitat baru dan terjadinya kepunahan.
5.   Evolusi Progresif : evolusi yang menghasilkan spesies menuju pada kemungkinan populasi dapat bertahan hidup atau survive.
6.   Evolusi Regresif : evolusi yang menuju kemungkinan populasi menjadi punah.
7.   Evolusi Divergen : perubahan yang berlangsung dari satu spesies menjadi banyak spesies baru.
8.   Evolusi Konvergen : perubahan pada organ yang berbeda pada organisme yang memiliki hubungan kekerabatan jauh menuju ke kesamaan fungsi dari organ tersebut.


Sumber : http://caraasalan.blogspot.co.id/

LihatTutupKomentar