Pendaftaran Poltekkes Tasikmalaya 2021 -- sipenmaru.poltekkestasikmalaya.ac.id -- Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Tasikmalaya, Pendaftaran Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Cara Pendaftaran Online Sipenmaru Poltekkes Tasikmalaya, Jurusan, Cara Pendatfaran, Persyaratan, Biaya, Jadwal Pendaftaran, Pendaftaran Poltekkes Cirebon, Tes Masuk Poltekkes Tasikmalaya. 2023.
Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Poltekkes Tasikmalaya 2021/2022. Informasi ini ditujukan khususnya bagi lulusan SMA sederajat yang ingin kuliah di Poltekkes Tasikmalaya. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya atau yang disingkat dengan nama Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya atau yang lebih sering disebut dengan nama Poltekkes Tasikmalaya adalah salah satu politeknik kesehatan negeri yang ada di Indonesia yang berlokasi di Tasikmalaya.
Selain di Tasikmalaya, ada beberapa program studi yang berlokasi di Cirebon. Secara rinci, lokasi kampus untuk tiap-tiap program studi yang ada di Poltekkes Tasikmalaya dapat dilihat di bawah ini :
- Lokasi dari program studi D III Keperawatan Tasikmalaya, D III Kebidanan Tasikmalaya, D IV Kebidanan Tasikamalaya, D III Gizi Tasikamalaya, D III PIKES Tasikamalaya, dan D III Farmasi Tasikmalaya berada di Jln. Cilolohan No. 35, Kel.Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115
- Untuk lokasi dari program studi D III Keperawatan Gigi Tasikamalaya, dan D IV Keperawatan Gigi Tasikamalaya, berada di Jl.Tamansari No.210 Kec.Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
- Berikutnya lokasi dari program studi D III Keperawatan Cirebon, D III Kebidanan Cirebon, D IV Kebidanan Cirebon, dan D III PIKES Cirebon, berada di Jl. Pemuda No.38, Kel. Sunyaragi,Kec.Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132
- Dan yang terakhir yaitu lokasi dari program studi D III Gizi Cirebon, berada di Jl. Ks.Tubun No.52, Kel. Kejaksaan,Kec. Kejaksaan Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Sejarah Singkat Poltekkes Tasikmalaya (Wikipedia) :
- Pada tahun 1970-an berdiri Sekolah Penjenjang Kesehatan di Tasikmalaya, kemudian ditingkatkan menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang memiliki Program Studi D-I, Program Pendidikan Bidan (PPB) dan Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG).
- Pada tahun 1993 Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Tasikmalaya ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Keperawatan (AKPER), Akedemi Kebidanan (AKBID) dan Akademi Kesehatan Gigi (AKG).
- Pada tanggal 16 April 2001 dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 268/MenKes-Kesos/SK/IV/2001 secara resmi 3 Akademi yang ada di Tasikmalaya dan 2 Akademi di Cirebon digabungkan menjadi satu institusi pendidikan kesehatan dengan nama Politeknik Kesehatan Kementerian Tasikmalaya.
Motto Poltekkes kemenkes Tasikmalaya "PRIMA" :
- P = Profesional
- R = Religius
- I = Inovatif
- M = Mutu
- A = Akuntable
Adapun jurusan dan program studi yang ada di Poltekkes Tasikmalaya, yaitu :
1. Jurusan Keperawatan, terdiri dari :
- Program Studi DIII Keperawatan Tasikmalaya
- Program Studi DIII Keperawatan Cirebon
- Program Studi Profesi Ners Tasikmalaya
2. Jurusan Kebidanan, terdiri dari :
- Program Studi DIII Kebidanan Tasikmalaya
- Program Studi DIV Kebidanan Tasikamalaya
- Program Studi DIII Kebidanan Cirebon
- Program Studi DIV Kebidanan Cirebon
3. Jurusan Keperawatan Gigi, terdiri dari :
- Program Studi DIII Keperawatan Gigi Tasikamalaya
- Program Studi DIV Keperawatan Gigi Tasikamalaya
4. Jurusan Gizi, terdiri dari :
- Program Studi DIII Gizi Tasikamalaya
- Program Studi DIII Gizi Cirebon
5. Jurusan Perekam dan Informasi Kesehatan (PIKES), terdiri dari :
- Program Studi DIII PIKES Tasikamalaya
- Program Studi DIII PIKES Cirebon
6. Jurusan Farmasi, terdiri dari :
- Program Studi DIII Farmasi Tasikmalaya
Itulah sedikit ulasan mengenai kampus Poltekkes Tasikmalaya. Dengan mengenal lebih dekat kampus Poltekkes Tasikmalaya bisa menjadikan kalian semakin tertarik untuk kuliah di kampus ini.
Nah, bagi kalian yang tertarik untuk kuliah di Poltekkes Tasikmalaya, maka dapat mengikuti salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka tahun ini.
Biasanya, Poltekkes Tasikmalaya membuka jalur seleksi berikut untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur seleksi yang dimaksud yaitu jalur PMDP, jalur reguler, dan jalur alih jenjang.
Jalur PMDP dan jalur reguler ditujukan bagi lulusan SMA sederajat, sedangkan jalur alih jenjang ditujukan bagi lulusan D3 yang ingin lanjut ke D4.
Bagi siswa-siswi lulusan SMA sederajat tentunya hanya bisa mengikuti jalur PMDP atau jalur reguler. Jalur PMDP ditujukan bagi siswa-siswi berprestasi, sedangkan jalur reguler dapat diikuti oleh lulusan SMA sederajat tanpa melihat prestasi di sekolah.
Di bawah ini akan disampaikan secara rinci mengenai pendaftaran jalur PMDP, jalur reguler, dan jalur alih jenjang Poltekkes Tasikmalaya. Silahkan disimak dengan baik.
I. Pendaftaran Poltekkes Tasikmalaya Jalur PMDP
A. Persyaratan Umum
1. Profil Asal Pendidikan :
- Bagi Program PMDP meliputi :
- Lulusan SMU / SMA / MA IPA/IPS Tahun (kecuali jurusan Farmasi hanya menerima lulusan SMA / MA IPA);
2. Tinggi Badan Minimal :
- D III Keperawatan & Profesi Ners = Laki-laki : 155 Cm, Perempuan : 150 Cm
- D III Kebidanan = Perempuan : 150 Cm
- D III Keperawatan Gigi & D IV Keperawatan Gigi = Laki-laki : 150 Cm, Perempuan : 146 Cm
- D III Gizi = Laki-laki : 155 Cm, Perempuan : 150 Cm
- D III Pikes (Perekam dan Informasi Kesehatan) = Laki-laki : 150 Cm, Perempuan : 147 Cm
- D III Farmasi = Laki-laki : 150 Cm, Perempuan : 145 Cm
3. Berbadan sehat (sehat jasmani dan rohani), tidak buta warna (baik total maupun parsial), tidak tuna fisik yang dapat mengganggu proses pembelajaran dan dalam menjalankan tugas keprofesiannya kelak.
B. Persyaratan Khusus
1. Pada saat mendaftar,peserta adalah siswa kelas XII SMA/ MA yang sesuai dengan kebutuhan program studi.
2. Satu Siswa Hanya dapat memilih 1 (satu) Program studi.
3. Nilai Rapor dari semester I sampai V minimal 70 (Skala 0-100) pada semua mata pelajaran (Bagi peserta yang menggunakan skala nilai 0,00 – 4,00, diwajibkan menyampaikan pula berkas konversinya ke dalam skala nilai 0-100), format terlampir.
- Untuk jurusan IPA :
- Nilai Rapot Biologi (peminatan);
- Nilai Rapot Fisika (peminatan);
- Nilai Rapot Kimia (peminatan);
- Nilai Rapot B. Indonesia (wajib);
- Nilai Rapot B. Inggris (wajib);
- Nilai Rapot Matematika (wajib).
- Untuk jurusan IPS :
- Nilai Rapot Ekonomi (peminatan);
- Nilai Rapot Sosiologi (peminatan);
- Nilai Rapot Geografi (peminatan);
- Nilai Rapot B. Indonesia (wajib);
- Nilai Rapot B. Inggris (wajib);
- Nilai Rapot Matematika (wajib)
4. Untuk Siswa Akselerasi : Foto Kopi Nilai Rapor dari semester I sampai III minimal 70 (Skala 0-100) pada semua mata pelajaran (Bagi peserta yang menggunakan skala nilai 0,00 – 4,00, diwajibkan menyampaikan pula berkas konversinya ke dalam skala nilai 0-100 ke dalam lima semester), yang telah dilegalisir disetiap lembarnya )*.
5. Surat Pengantar / Rekomendasi dari Kepala Sekolah (Bukan Surat Keterangan)*;
6. Diutamakan memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik;
7. Membayar biaya pendaftaran sebesar : 100.000, (belum termasuk biaya admin bank Rp.2.500);
8. Surat Pernyataan bermaterai yang telah ditanda tangani (di print dari website SisInfo PMDP);
9. Pas Foto 3 x4 berwarna terbaru 2 buah (Laki-laki latar belakang biru; perempuan latar belakang merah) **;
10.Photo copy Ijazah/STTB (terlegalisir) atau Surat Keterangan Lulus bila Ijazah yang belum keluar dari Kepala Sekolah (terlegalisir)***;
11.Berkelakuan Baik di buktikan dengan surat keterangan dari Pihak Sekolah *** ;
12. Asli Kartu Indonesia Sehat atau BPJS***.
* Format dapat di lihat di bagian lampiran panduan di website Poltekkes Tasikmalaya
** Persyaratan ini akan diminta bila peserta telah lulus tahapan seleksi nilai dan akan diminta saat registrasi test kesehatan.
*** Persyaratan ini akan diminta bila peserta telah lulus tahapan uji psikotest mahasiswa baru poltekkes tasikmalaya.
C. Tata Cara Pendaftaran
- Calon Peserta dapat mengakses alamat berikut : http://pmdp.poltekkestasikmalaya.ac.id
- Calon Peserta meminta nomor Virtual account (VA) untuk meminta nomor pembayaran ke alamat email ini (va.pmdp@poltekkestasikmalaya.ac.id) dengan subjek email pemintaan nomor VA. Contoh : Yuri Hasanah, SMAN 1 Palembang
- Peserta mencantumkan nama lengkap dan nama sekolah.
- Nomor VA pembayaran akan di emailkan kepada peserta maksimal 1 x 24 jam, dan peserta melakukan pembayaran pendaftaran sebesar 100.000,- ( belum termasuk admin bank Rp.2.500) di teller atau ATM bank Mandiri cabang mana saja (nomor VA adalah nomor rekening untuk pembayaran); Pembayaran tidak bisa lewat internet banking maupun sms banking. Contoh email balasan panitia : No VA : 201921002 atas nama Yuri Hasanah
- Calon Peserta dapat menginput data Personal ( Pin, Nama Siswa, No Induk Siswa Nasional (NISN), Nama Sekolah, Jenis Kelamin, No Handphone dan siswa hanya dapat memilih 1 (Satu) Pilihan Prodi dan mengiput data nilai rapot dari semester 1 sampai 5), data dapat di inputkan di halaman sisinfo PMDP ;
- Calon Peserta menyerahkan berkas “Pengajuan Peserta PMDP Politeknik Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya Tahun Akademik ..." sesuai jadwal.
Bagi pendaftar yang telah melaksanakan pembayaran biaya pendaftaran sesuai ketentuan yang ditentukan tetapi berkendala dalam pendaftaran karena NISN yang telah digunakan, maka untuk pengambilan keakuratan data akan dilihat berdasarkan dokumen yang telah dikirimkan.
Tetapi bagi pendaftar yang belum melaksanakan entri biodata dapat meminta username dan pasword kepada panitia.
D. Jadwal Pendaftaran
Pendaftaran jalur PMDP biasanya dibuka pada bulan Januari hingga Februari. Untuk rinciannya silahkan cek langsung di website resmi.
Bacaan Pelengkap : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes
II. Pendaftaran Poltekkes Tasikmalaya Jalur SIMAMA
Jalur SIMAMA merupakan jalur seleksi bersama masuk ke Poltekkes. Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran SIMAMA Poltekkes Kemenkes.
III. Pendaftaran Poltekkes Tasikmalaya Jalur Reguler
A. Persyaratan Umum
1. Profil Asal Pendidikan :
Bagi Program Umum (Reguler), meliputi :
- Lulusan SMA / MA IPA / IPS dan Ujian Persamaan (paket C) yang terakreditasi Diknas (kecuali jurusan Farmasi hanya menerima lulusan SMA/MA IPA dan Paket C IPA);
- Usia Maksimal 27 tahun pada saat mendaftar;
- Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tertentu yang terakreditasi Diknas dapat mendaftar untuk pilihan Prodi sebagai berikut:
- Keperawatan : SMK Kesehatan Jurusan Keperawatan
- Kebidanan : SMK Kesehatan Jurusan Keperawatan
- Keperawatan Gigi : SMK Semua Jurusan
- Gizi : SMK Jurusan Tata Boga
- Perekam dan Informasi Kesehatan : SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) , SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan , SMK Jurusan Administrasi dan Perkantoran, SMK Informatika, SMK Jurusan Multimedia, SMK Kesehatan (Keperawatan, Farmasi)
- Farmasi : SMK Farmasi, SMK Kesehatan Kompetensi keahlian Analis Kesehatan, Farmasi, Farmasi Industri;
2. Tinggi Badan Minimal :
- D III Keperawatan = Laki-laki : 155 Cm, Perempuan : 150 Cm
- D III & D IV Kebidanan = Perempuan : 150 Cm
- D III & D IV Keperawatan Gigi = Laki-laki : 150 Cm, Perempuan : 146 Cm
- D III Gizi = Laki-laki : 155 Cm, Perempuan : 150 Cm
- D III Pikes (Perekam dan Informasi Kesehatan) = Laki-laki : 150 Cm, Perempuan : 147 Cm
- D III Farmasi = Laki-laki : 150 Cm, Perempuan : 147 Cm
3. Berbadan sehat (sehat jasmani dan rohani), tidak buta warna (baik total maupun parsial), tidak tuna fisik yang dapat mengganggu proses pembelajaran dan dalam menjalankan tugas keprofesiannya kelak.
B. Persyaratan Khusus
- Membayar biaya pendaftaran
- Scan file (soft copy file) berformat .jpg (bukan .jpeg) pas foto berwarna disarankan berukuran 131 x 181 pixel, berkemeja putih formal (boleh seragam sekolah) dan kerudung putih (bagi yang berjilbab), sopan dan berlatar belakang warna merah ukuran maksimal file 1 MB untuk di upload
C. Persyaratan Khusus Bagi yang Lulus Ujian Tes Tulis / Tes Kesehatan
- Melampirkan Surat Pernyataan bermaterai yang telah ditanda tangani*,**;
- Photo copy Ijazah/STTB (terlegalisir) atau Surat Keterangan Lulus bila Ijazah yang belum keluar dari Kepala Sekolah (terlegalisir)***;
- Berkelakuan Baik dengan di buktikan dari*** :
- Pihak Sekolah (Bagi Lulusan tahun lalu) bersifat sementara;
- Pihak Kepolisian/SKCK (Bagi Lulusan Tahun Sebelumnya) :
- Melampirkan photo copy kartu Identitas (KTP/Kartu Pelajar)***;
- Melampirkan photo copy akte kelahiran***;
- Melampirkan Photo copy Kartu keluarga***;
- Melampirkan Photo copy Kartu Kepesertan Asuransi BPJS (Bila sudah jadi peserta)***.
- Pas Photo berwarna background merah (kemeja formal putih dan kerudung putih polos bagi wanita berjilbab) dalam bentuk soft file (CD) yang disertai identitas***.
* Surat Pernyataan dapat di lihat di bagian lampiran panduan atau di download di website sipenmaru menu Prosedur – Download.
**Persyaratan ini akan diminta bila peserta telah lulus tahapan uji tulis sebagai syarat test kesehatan mahasiswa baru poltekkes tasikmalaya.
*** Persyaratan ini akan diminta bila peserta telah lulus tahapan pembayaran perkuliahan mahasiswa baru poltekkes tasikmalaya.
D. Cara Pendaftaran Online
Untuk melakukan pendaftaran, calon peserta wajib memiliki email. Calon peserta melakukan registrasi online melalui alamat sipenmaru.poltekkestasikmalaya.ac.id. Lalu pilih jalur reguler dan klik menu pendaftaran. Lalukan pendaftaran hingga selesai.
E. Jadwal Pendaftaran
Pendaftaran dapat dilakukan sesuai jadwal. Biasanya jalur umum (reguler) dibuka sekitar bulan April hingga Mei. Untuk lebih pasti, silahkan cek di website resmi.
IV. Pendaftaran Poltekkes Tasikmalaya Jalur Alih Jenjang
A. Persyaratan Umum
1. Asal Peserta :
- DIV Alih Jenjang Kebidanan : Peserta Lulusan Diploma III Kebidanan fresh graduate/ sudah bekerja;
- DIV Alih Jenjang Keperawatan Gigi : Peserta Lulusan Diploma III Keperawatan gigi fresh graduate / sudah bekerja;
2. Akreditasi Institusi Pendidikan Diploma III asal adalah minimal “B”.
3. Tinggi Badan Minimal :
- D IV Kebidanan : Perempuan : 150 Cm
- D IV Keperawatan Gigi : Laki-laki : 150 Cm, Perempuan : 146 Cm
4. Berbadan sehat (sehat jasmani dan rohani), tidak buta warna (baik total maupun parsial), tidak tuna fisik yang dapat mengganggu proses pembelajaran dan dalam menjalankan tugas keprofesiannya.
B. Persyaratan Khusus
- Print out kartu ujian (yang telah di email panitia);
- Photo copy ijazah Diploma III atau surat keterangan lulus (bagi fresh graduate) terlegalisir;
- Photo copy transkrip nilai Diploma III/ surat keterangan IPK terlegalisir ;
- Photo copy sertifikat akreditasi Institusi Diploma III terlegalisir;
- Asli surat keterangan kerja (Bagi yang sudah bekerja);
- Asli Surat pernyataan / Ijin atasan / Dinas untuk mengikut ikuliah regular (Senin – Jumat, Jam 08.00 – 16.00 WIB);
- Photo copy bukti pembayaran pendaftaran dari Bank;
- Pas Photo berwarna background merah (kemeja formal putih dan kerudung putih polos(bagi wanita berjilbab) ukuran 3×4 (3 Buah).
- Asli Surat Pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani bermaterai 6.000,-
C. Cara Pendaftaran
Calon peserta alih jenjang membuka alamat sipenmaru.poltekkestasikmalaya.ac.id, lalu pilih menu alih jenjang, lalu klik menu pendaftaran. Lakukan pendaftaran hingga selesai sesuai petunjuk.
D. Jadwal Pendaftaran
Pendaftaran jalur alih jenjang biasanya dibukan pada bulan Maret hingga Mei. Untuk lebih rincinya silahkan cek langsung di website resmi.
Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Poltekkes Tasikmalaya. Untuk informasi lain yang dubutuhkan silahkan cek langsung di website resmi.
Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.
Baca Juga :
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Poltekkes Tasikmalaya. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bantu bagikan pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses.