Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi - Selamat malam teman-teman. Kali ini saya akan membahasan mengenai Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi. Kita tahu bahwa Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi sendiri masuk dalam BAB 1 Semester 1 Kelas XI SMA. Bab ini membahasa mengenai Pengertian, Faktor-faktor, Indikator, dan Cara mengukur pertumbuhan ekonomi. Oke langsung saja kita ke materi pokok. Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan produk domestik bruto suatu negara atau daerah dalam jangka panjang. Sedangkan Pertumbuhan Ekonomi merupakan suatu keadaan di mana terjadi kenaikan PDB suatu negara atau daerah tanpa memandang apakah kenaikan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari tingkay pertumbuhan penduduk. Apabila diperhatikan, perbedaan pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut.

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi
Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

  • Keduanya menekankan pada kenaikan PDB. Namun, pertumbuhan ekonomi hanya menekankan PDB tanpa membandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk. Sedangkan dalam pembangunan ekonomi, disebut ada kenaikan, jika laju kenaikan PDB melebihi kenaikan pertumbuhan penduduk.
  • Pertumbuhan ekonomi hanya melihat kenaikan tanpa melihat akibat atau perbaikan dari kondisi yang ada. Jadi penekanannya hanya pada pertambahan sarana, seperti jembatan, mesin-mesin, dan sarana fisik. Sedangkan pembangunan ekonomi tidak hanya menekankan pada pertumbuhan secara fisik, melainkan juga perbaikan kelembagaan, kondisi ekonomi, sikap, dan struktur yanga da supaya lebih berhsil guna daan berdaya guna.
Oke sekian materi mengenai Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi. Kalian bisa menemukan rangkuman-rangkuman lainnya disini
LihatTutupKomentar