Produk Kerajinan dari Bahan Keras

Pada materi semester ganjil, kamu mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang produk kerajinan dari bahan lunak. Apa yang kamu rasakan? Bagaimanakah pendapat kamu tentang kekayaan produk kerajinan Nusantara? Bagaimanakah produk kerajinan yang ada di daerah kamu? Apakah kamu ingin mengembangkan produk-produk kerajinan tersebut agar lebih bermutu dan berkualitas? Sebagai warga negara yang baik, kamu tentunya harus memiliki tanggung jawab mengembangkan produk kerajinan tersebut agar menjadi kekayaan budaya Nusantara.

Pada materi berikut ini, kamu akan mempelajari produk kerajinan dari bahan keras dan pengemasannya. Kamu diharapkan dapat mengembangkan kreativitas agar produk kerajinan yang ada di wilayahmu dapat diolah sedemikian rupa sehingga menjadi karya yang lebih inovatif dan bermutu. Kamu diharapkan selalu menggali informasi dari berbagai sumber/ referensi mengenai produk kerajinan dari bahan keras dan pengemasannya.

1.    Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras
Kerajinan merupakan budaya tradisional yang kini menjadi komoditi negara untuk meningkatkan devisa. Di antara sejumlah kerajinan Nusantara, ada kerajinan yang tetap mempertahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya, tetapi ada pula yang telah dikembangkan sesuai dengan tuntutan pasar.

Seperti yang sudah dipelajari pada pembahasan sebelumnya, bahwa produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras. Produk kerajinan dari bahan keras merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat keras. Beberapa bahan keras yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua.

LihatTutupKomentar